Jumat, 16 September 2016

Funfact #SeputarSSCJ #3

Funfact #SeputarSSCJ #3

"Tahukah kamu selain kemiskinan, apa hal lain yang menjadi akar masalah bagi anak di situasi jalanan?"
Hallooo selamat malam.
Kalo ngomongin kemiskinan erat kaitannya dengan urusan perut dan soal menyambung hidup. Kemiskinan seolah menjadi benang kusut tak berujung dan sebab musabab kenapa anak berada di jalanan. Eeeiitss.. tunggu dulu, masalah tak berhenti hanya pada kemiskinan. Ada masalah lain yang tak kalah pelik dan berurat berakar. Apa itu?

"IDENTITAS"
Yups.. kartu keluarga, akta kelahiran dan KTP adalah dokumen ampuh mandraguna yang wajib dimiliki. Namun sayangnya, hanya 65% anak-anak dari keluarga miskin - termasuk anak di situasi jalanan - yang memiliki akta kelahiran (Data Unicef Indonesia). 
 
Mengapa demikian?
Kehidupan di jalanan memiliki budaya berbeda. Dimulai dengan menikah tanpa disertai Surat Nikah berlanjut pada dokumen lainnya yang tak bisa diakses, seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan KTP.
Tanpa dokumen tersebut, aksesibilitas berbagai pelayanan publik menjadi sulit, seperti mendaftar sekolah, mengakses layanan kesehatan, melamar pekerjaan formal, manfaat dari program-program sosial dan perlindungan terhadap pernikahan anak.
Sehingga berpengaruh pada kualitas hidup yang ditandai dengan rendahnya tingkat pendidikan dan pekerjaan di sektor informal seperti ngamen, ngangklung, berdagang asongan, juru parkir dan lain-lain. Bahkan, mereka juga tidak bisa membuka tempat usaha sendiri karena tidak memiliki identitas.

*Jadi, masihkah kita beranggapan bahwa masalah anak di situasi jalanan hanya sebatas pada kemiskinan semata?*
Sekian Funfact #seputarSSCJ
Selamat menjemput akhir pekan ❤❤

Tidak ada komentar:

Posting Komentar