Selasa, 19 April 2016

HAK BERMAIN UNTUK ANAK



Selamat malam teman-teman, postingan mimin kali ini mau membahas tentang Hak Anak. Ups, ternyata anak juga punya hak lho...

 Nah,tahukah kamu kalau negara Indonesia termasuk dalam negara peserta Konvensi Hak-Hak Anak oleh PBB. Setiap negara peserta sepakat akan mengambil semua langkah yang layak untuk menjamin bahwa hak anak dilindungi terhadap semua diskriminasi.
Apa sajakah 10 hak anak yang dibahas dalam konvensi ituu??
Jreeng...jreeeng...
Dari 10 hak anak , Mimin akan bahas salah satu dulu yaa yaitu mengenai hak bermain untuk anak.9 lainnya menyusul ya gaesss:) 

Anak-anak harus diberi waktu untuk bemain dan mengeksplore hal-hal yang dapat membuatnya senang. Selain menyenangkan, menurut penelitian bermain bagi anak juga dapat membuat anak memiliki perilaku yang lebih baik dan meningkatkan semangat belajar. Namun tahukah bahwa keadaan sekitar kita banyak yang telah merenggut hak bermain bagi anak, pembangunan kota dan perkembangan teknologi yang tidak dapat dibendung pada akhirnya telah menggerus lapangan bermain bagi anak.  Akibatnya banyak tempat bermain anak dibuat dalam mall-mall atau tempat ekslusif lainnya sehingga tidak semua anak dapat mengakses tempat bermain tersebut. Selain itu, gadget juga menjadi pilihan yang tak terelakkan sebagai sarana bermain anak yang memiliki dampak negatif yaitu anak akan menjadi single player dan kurang berinteraksi dengan temannya. Mereka menjadi acuh pada lingkungan sekitar, dan asyik pada kehidupannya sendiri. Mengizinkan mereka bermain bersama teman, dapat mencegah hal negatif tersebut terjadi. 

Jika hal-hal di atas semakin nyata terjadi, maka bagaimanakah dengan janji kita dalam konvensi tersebut? akankah dapat terpenuhi? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar