Kamis, 21 April 2016

HAK PENDIDIKAN ANAK


Hallo readers, pagi ini mimin ngasih tau 1 hak untuk anak yang kemarin mimin udah kasih tau! Yuk Simak!

sumber gambar: https://bksduaisyiyah.wordpress.com/


Ada satu hak anak yang paling penting untuk kemajuan di negri kita, yaitu HAK PENDIDIKAN ANAK. Yaps,bisa membayangkan kan kalau di negri kita tidak ada pendidikan yang bagus untuk anak-anak, Bagaimana selanjutnya nasib  Indonesia? 

Dalam UU No 35 th 2014 yang menjelaskan bahwa setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran.Pendidikan yang dimaksud bukan pendidikan formal saja, namun juga pendidikan informal. Seperti pendidikan tentang lingkungan,pendidikan karakter dan lain sebagainya.Pentingnya pendidikan bagi anak sendiri banyak diteliti oleh peneliti, salah satu manfaatnya adalah pendidikan dapat membentuk kepribadian anak ke arah yang lebih baik.

Menilik keadaan pendidikan di Indonesia memang bagaikan dua sisi mata uang. Satu sisi maju namun disisi lain mengalami problema.

Data yang dihimpun oleh UNICEF adalah bahwa 2,5 jt penduduk Indonesia tidak dapat menikmati pendidikan lanjutan yaitu 600rb anak usi 

 Di kota-kota tertentu di Indonesia, pendidikannya sudah sangat maju, namun di beberapa daerah tertentu mengalami ketertinggalan. Seperti di daerah Timur, atau di daerah Papua pedalaman. Dalam suatu media massa dijelaskan bahwa sekolah di pedalaman Papua kondisi sekolahnya dapat dikatakan tidak layak, murid dan guru yang ada disekolah hanya sedikit. Dan tidak sedikit pula anak yang sama sekali tidak menyentuh pendidikan  Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia masih belum merata.

Selain itu, akibat biaya yang tidak murah, banyak anak-anak  yang berada dibawah garis kemiskinan harus kehilangan hak mereka untuk mendapatkan pendidikan .Walaupun ada program BOS yg membebaskan biaya pendidikan SD & SMP, namun biaya diluar SPP tetap mencekik leher keluarga miskin di Indonesia  dan berujung memilih meninggalkan dunia pendidikan. Disaat dana BOS belum dapat menutupi, diberbagai daerah justru ditemukan kasus korupsi dana pendidikan yang dilakukan oleh para pejabat.

.Selain pendidikan formal,pendidikan informal penting pula untuk anak. Pendidikan informal ini berfungsi agar anak mengetahui bakat dan minatnya Kebanyakan orang tua saat ini banyak yang terlalu memaksakan anaknya pintar dalam bidang yang mungkin tidak disukai anaknya Peran orang tua sangatlah penting agar anak mendapat hak untuk mendapatkan pendidikan sesuai dengan minat dan bakat seorang anak. Selain orang tua, pemerintah harus lebih gencar membuat kebijakan yang membantu anak- anak mendapat pendidikan yang layak .

Mari sebagai generasi penerus bangsa kita harus berkontribusi agar pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik kedepannya. Jangan hanya diam ditempat menonton berita televisi yang mnegelukan pendidikan di Indonesia,Mari bergerak1  Jika bukan kita yang mendorong pendidikan di Indonesia, siapa lagi? Semangat berkarya, Jadikan Indonesia lebih maju dengan pendidikan !!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar